Reviewku Atas Buku “Sandiwara Langit”


Buah Pena: Al-Ustadz Abu Umar Basyir

Reviewer: Mas_Abdurrahman

 Alhamdulillah terselesaikan juga pembacaan saya atas buku “Sandiwara langit” pada pukul 01:35 WIB, dini hari, pada tanggal 22 Februari 2009, di kota Nganjuk. Beberapa saat sebelum menghadiri walimah rekan perjuangan di Remaja Masjid yang asli kota Reog, Ponorogo.

Segala puji bagi Allah, telah memberikan kesempatan untuk membaca buku yang menggugah hati saya untuk meniru apa yang telah dilakukan Rizqan. Betapa, diri ini jauh belum ada apa-apanya bila disejajarkan dengan perjuangan Rizqan.

Pelajaran yang dapat saya petik dari buku ini antara lain:

  1. Semakin tinggi pohon menjulang, semakin besar angin yang menghembus.

  2. Betapa, keadaan seorang mukmin tidak terlepas dari dua keadaan, dan tidak ada yang ketiga. Jika tidak bersyukur karena suatu nikmat, maka ia akan bersabar karena adanya musibah yang menghantam.

 

Sungguh, diri ini menitikkan air mata, selama perjalanan, membaca buku ini. Yaitu di beberapa episode kisah:

  1. Ketika berpisahnya antara Rizqan dan Halimah di rumah sakit. Betapa perpisahan yang begitu indah.

  2. Nuansa romantis yang disembulkan oleh kata “adinda”, ketika Rizqan dan Halimah berdialog sebentar sebelum mereka resmi menjadi suami dan istri untuk kedua kalinya.

  3. Ketika Halimah meninggal.

 Kemudian, saya mendapat tugas untuk membacakan buku itu di hadapan teman-teman, sembari menempuh perjalanan pulang ke Malang by car. Bisa dibayangkan di dalam kegelapan mobil itu (karena perjalanan malam). Maka yang bertugas sebagai penerang (dengan memegangi senter) adalah adik kami, Fandi Aditya. Sebagai driver adalah mas kami, Danang Priyo A., sebagai sie konsumsi adalah mas Maris Setiawan. Dan yang terakhir, mas Indra Arta sebagai komentator singkat.. dan Alhamdulillah, pembacaan buku tersebut selesai mendekati lokasi kediaman kami, dengan beberapa mukhtashor (ringkasan) tentunya..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s