Unbelieveble: Juara Lomba Debat!!!


 

Pada tanggal 24 dan 25 April 2009, Markaz ad-Da’wah wa Khidmah al-Mujatama’ (MDKM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan lomba debat bahasa Arab tingkat Universitas. Peserta yang mengikuti lomba tersebut adalah perwakilan tiap fakultas, seperti FAI, FISIP, FK, dan lain-lain.

Untuk menyemarakkan lomba tersebut, “Ma’had Abdurrahman bin ‘Auf putra” mengirimkan delegasinya yang terdiri dari dua kelompok. Kelompok pertama beranggotakan: Asyhuri (Mustawa Robi’), Muhammad Luthfi (Mustawa Robi’) dan Purnomo (Mustawa Tsalis). Sedangkan kelopok kerdua anggotanya: Bustanul Arifin (Mustawa Robi’), Muhammad Romadhon (Mustawa Tsalis), dan saya (Mustawa Tsalis).

Hari pertama (24 April 2009), adalah hari penyisihan, yaitu penyaringan kontestan yang berjumlah 12 kelompok menjadi 6 kelompok yang akan bertemu di semifinal. Hari kedua (25 April 2009), adalah hari untuk semifinal dan final.

Pada fase penyisihan, kelompok pertama dari ma’had tidak lolos dari babak tersebut. Hal ini berbanding terbalik dengan kelompok kedua (kelompokku) yang play on ke semifinal.

Di semifinal, sistem yang digunakan adalah top four, yang artinya, empat kelompok dengan nilai tertinggi ketika semifinal berhak untuk melenggang di final. Yang artinya pula, dua kelompok tidak lolos untuk menuju final.

Pada fase semifinal kelompokku kalah dari kelompok “Ma’had Abdurrahman bin ‘Auf putri”. Walaupun demikian kami –di luar dugaan- berhak memegang tiket final karena skor yang kami peroleh termasuk dalam top four. Kami tidak tahu mengapa terjadi demikian..

Akhirnya fase yang ditunggu pun datang juga. Final four. Dan tahukah apa yang terjadi? Kami JUARA !! Demi Allah kami terheran-heran kok bisa juara, lha wong bicara saja masih grotal-gratul, malah jadi juara lomba debat Rektor Cup.

Dan ini semua belum berakhir, karena dengar-dengar, kabarnya juara Rektor Cup akan melanjutkan fase knock out di PIMNAS (olimpiade mahasiswa se-nusantara).

Qobla nakhtim hadzih, Nasykuru ila : al-Ustadz Ali Wafa, Lc, wa al-Ustadz M. Taufiq As’ad, Lc, wa al-Ustadz Sofyan Shofi, Lc. Jazahumullahu khoiron katsiro atas kesempatan yang telah diberikan..

Bagaimana menurut Anda?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s