Tergesa-gesa Atau Menyegerakan Diri?


Sebuah pertanyaan singkat sebenarnya. Dan pertanyaan ini lebih banyak menjurus ke arah pernikahan. Tentunya pernikahan dini. Pertanyaan umum yang sering keluar, “Apakah keinginan saya untuk menikah ini termasuk hal yang tergesa-gesa sehingga bermadharat, ataukah termasuk menyegerakan diri seperti apa yang dititahkan oleh Rasulullah?”

Ternyata, pertanyaan tersebut tidak selalu berkaitan erat dengan pernikahan dini. seperti apa yang ditanyakan kepada saya, dan pertanyaan itulah yang menginspirasi saya untuk menulis artikel ini. Seorang teman bertanya, “Tergesa-gesa itu kan tidak boleh, tapi kalau menyegerakan dianjurkan. Apa perbedaan antara keduanya?”

Teringatlah saya waktu itu dengan sebuah buku yang pernah saya baca sekilas di rumahnya Data, adik kelasku SMA. Buku itu berjudul Kupinang Engkau dengan Hamdalah, karya Mohammad Fauzil Adhim.

Akhirnya, singkat kata, buku itupun kupinjam darinya dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan tadi.

Jawabannya:

Untuk membedakannya, dapat ditinjau dari dua cara (Fauzil Adhim, 2004: 180-184). Pertama, melalui tanda-tanda hati. Kedua, melalui perumpamaan yang dipikirkan oleh akal.

Pertama, tanda-tanda hati.

Yang intinya adalah kembali pada sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Mintalah fatwa dari hatimu. Kebaikan itu adalah apa-apa yang tenteram jiwa padanya dan tenteram pula dalam hati. Dan dosa itu adalah apa-apa yang syak dalam jiwa dan ragu-ragu dalam hati, walaupun orang-orang memberikan fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya.” (HR. Ahmad). Hadits ini tercantum dalam Al-Arbain An-Nawawiyyah, nomor hadits 27. Silakan melihat penjelasannya.

Kedua, tanda-tanda perumpamaan.

Perumpamaannya adalah seperti orang yang mengendarai sepeda motor dengan kencang lalu menemui tikungan. Apa yang dilakukannya? Bila ia tetap dengan kecepatannya semula maka besar kumungkinan ia akan terjatuh. Inilah yang dikatakan sebagai tergesa-gesa.

Namun, bila ia mengurangi kecepatannya, lalu berbelok dengan kecepatan yang telah disesuaikan, maka ia bisa menambah kecepatan kendaraannya lagi, yang pada akhirnya sampai pada tempat tujuannya, Insya Allah. Inilah yang disebut dengan menyegerakan diri.

So, bedanya paling tidak terletak pada perhitungan yang matang dalam menghadapi suatu keadaan yang memang begitu didamba. Menikah, siapa yang tidak ingin. Namun itu pun butuh perhitungan yang tak asal-asalan. Konsultasi pada pelaku pernikahan, baca-baca buku panduan nikah A-Z atau alif-ya’, dan juga istikharah.

By the way, pertanyaan ini tidak selalu mengarah ke pernikahan kok. Don’t worry.🙂

Wallahu a’lam..

Masih di Malang,

Selasa, 4 Agustus 2009..

15 menit setelah pukul 23:00 WIB..

Rujukan:

Adhim, Mohammad Fauzil. 2004. Kupinang Engkau dengan Hamdalah. Yogyakarta: Mitra Pustaka

3 thoughts on “Tergesa-gesa Atau Menyegerakan Diri?

  1. ia pertanyaan ini karena saya sering tergesa-gesa dalam bertindak, seperti menaruh air dalam gelas karena tergesa-gesa akhirnya ainya pun banyak yang tumpah…. tapi kalu g tergesa-gesa tidak nutut dengan waktu……

  2. maryam says:

    subhanallah memang benar apa yang antum tulis dan rujukan yang antum baca. karena memang pernikahan tidak untuk 1 atau 2 hari saja. pernikahan adalah sebuah misi yang mampu membawa seluruh anggotanya menggapai tingkatan yang lebih tinggi yaitu menggapai ridho Alloh. jika pernikahan itu tergesa-gesa atau hanya sekedar ingin yang dicoba untuk dipaksakan, bisa2 tujuan itu akan kabur seiring dengan berjalannya kehidupan rumah tangga. dan yang perlu dipikirkan lagi adalah keberadaan generasi kita, akan dibentuk seperti apa kelak anak2 kita jika ortunya tidak memiliki perencanaan yang matang untuk para mujahid titipan Alloh ini. ^ _^ Ayo semangat..! let’s make a good plan 4 the best future.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s