Wahai Orang yang Lemah Tekadnya


  • Prinsip tidak dapat hidup, kecuali dengan pengorbanan

Tahukah Anda bahwa di atas kepala Rasul saw pernah diletakkan isi perut hewan,kedua tumitnya berdarah, gigi serinya dirontokkan, kepalanya terluka, dan orang-orang yang disayanginya terbunuh? Beliau mengikat perutnya dan mengganjalnya dengan batu karena kelaparan, mengalami kekalahan dalam sebagian peperangan, lambungnya yang suci tidak luput dari cobaan, pernah disekap di lereng Abu Thalib, pernah mendengar cacian dengan kedua telinganya, melihat dengan mata kepala sendiri berbagai tipu muslihat yang ditujukan kepada dirinya, diusir dari kampung halamannya, dan dituduh gila, tukang sihir, dan tukang ramal.

      Tidakkah Anda tahu bahwa Ahmad bin Hanbal dijebloskan ke dalam penjara, dicambuk dengan cambukan yang melukai, dilarang mengajar, dan ditakut-takuti akan dibunuh?

      Ibnu Taimiyah dijebloskan ke dalam penjara. Darahnya dialirkan; kehormatannya dilecehkan; dan dicurigai agamanya.

      ‘Umar t ditusuk di mihrab dan tubuhnya dirobek dengan tombak kecil.

      ‘Utsman ra darahnya mengalir membasahi mushaf yang dibacanya karena pedang pemberontak. Saat itu ia berusia delapan puluh tahun.

      Adapun ‘Ali ra dipukul pelipisnya dengan pedang oleh orang Khawarij, sehingga darah kepalanya mengalir membasahi jenggotnya.

      Bagaimana pohon prinsip bisa tumbuh dan juga pemikirannya bila tanpa perjuangan.

      Bagaimana kalbu tidak cenderung menjadi pengecut bila hidup hanya demi perutnya. Bagaimana kalbu bisa mencintai Tuhannya.

      Bagaimana umat ini bisa menyukai kerendahan, padahal kehinaan tidak pernah terukir dalam sejarahnya, kepahlawanannya pada masa lalu telah tiada, dan keberaniannya sudah luntur.

 

(Dikutip dari buku Cambuk Hati, karya Dr. ‘Aidh bin ‘Abdullah al-Qarni, hal. 348-349)

8 thoughts on “Wahai Orang yang Lemah Tekadnya

  1. Ternyata orang-orang yang besar tidak pernah berhenti dari segala macam cobaan, Segala cobaanku hanyalah sekelumit dibanding para pendahulu. semoga ana bisa mengambil pengalaman dari itu ust. salam dari anak ponorogo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s