Ulama yang Berwajah Ceria


Setiap perjalanan untuk mencari pokok pikiran dalam menulis buku, yang kulakukan adalah mencatat poin penting yang bisa dikutip untuk menjadi artikel singkat. Tapi yang seperti ini barusan saja.. Dan ketemulah sub bab “Wajah yang ceria dan berseri-seri dan menghindarkan sikap masam dan dahi berkerut” dalam buku Akhlak-akhlak Buruk karya Syaikh Muhammad bin Ibrahim Al-Hamad (hal. 131-133). Diantara yang bisa kukutipkan adalah:

Perkataan Ibnu Hibban, “Wajah yang ceria adalah santapan para ulama, sanubari para ahli hikmah. Dikarenakan keceriaan akan memadamkan api pertentangan, akan menghanguskan hujaman kebencian. Dan dengan keceriaan maka akan terlindungi dari seorang yang jahat dan keselamatan bagi seorang yang melakukannya.” (Raudhah Al-‘Uqala’ hal. 75)

Abu Ja’far Al-Manshur mengatakan, “Apabila anda ingin mendapatkan banyak pujian indah bagi diri anda dari manusia tanpa berusaha menggapainya, maka perbanyaklah wajah berseri-seri yang baik.” (‘Uyuun Al-Adab wa As-Siyasah karya Ali bin Abdurrahman bin Hudzail hal. 154)

Al-‘Uttabi ditanya, “Sesungguhnya engkau menjumpai semua orang dengan keceriaan!” Beliau pun berkata, “Menghalau dendam dengan usaha yang mudah, dan mendapat teman dengan pengeluaran yang sedikit.” (Bahjah Al-Majalis 2/665)

Ibnu Aqil Al-Hanbali Rahimahullah mengatakan, “Keceriaan akan menjadi pendamping orang-orang yang berakal, dan menjadi sebab diterimanya. Sementara wajah yang masam adalah sebaliknya.” (Kitab Al-Funun karya Ibnu ‘Aqil 2/635)

Seakan beberapa perkataan di atas adalah bentuk kecintaan kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bersabda, “Senyumanmu dihadapan wajah saudaramu adalah sedekah bagimu.” (HR. At-Tirmidzi. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani)

Dan sabda beliau pula, “Janganlah engkau meremehkan perbuatan yang ma’ruf, walau perjumpaan dengan saudaramu dengan wajah yang ceria.” (HR. Muslim)

Malang, 19 Rabiul Awal 1431 H/5 Maret 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s